Inilah 10 Tuntunan Menuju Sukses dalam Islam

Sukses

Berikut ini adalah beberapa  tuntunan menuju Sukses dalam Islam, yang bisa penulis rangkum untuk bisa dibagikan kepada teman-teman semua. Tentu saja  poin-poin dibawah yang penulis rangkum belum tercakup secara keseluruhan, tetapi jika dilakukan serta diamalkan Insya Allah akan berefek sangat dahsyat. Sudah banyak bukti dan cerita akan keberhasilan mengamalkan tuntunan ini yang juga sekarang ini sedang dicoba dijalankan serta diamalkan oleh saya sebagai penulis (Mohon doa serta semangatnya dari teman2 sekalian).  Bahkan, meski hanya salah satu yang difokuskan, menurut yang sudah menjalankannya… tetapi hasilnya luar biasa.

Tuntunan Sukses yang kita ingin capai disini, insya Allah adalah  sukses dunia akhirat, selama kita ikhlas. Kuncinya jangan pernah meminta balasan atau berharap kepada selain Allah. Dan niat utama kita adalah beribadah kepada Allah dan karena Allah. Bukan karena harta atau kesuksesan duniawi saja.

Jika kita mengharapkan akhirat, insya Allah dunia akan mengikuti…

Berikut ini 10 Cara Sukses dalam Islam yang diambil dari berbagai sumber dalam Al Quran & Hadits :

#1 Niatkan Maka Kau Akan Mendapatkan

Rasulullah saw bersabda dalam sebuah hadist:

Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata:  Saya mendengar Rasulullah saw bersabda : “Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan”. (HR Bukhari Muslim).

#2 Mendoakan Saudara

Rahasia itu ialah :  Mendo’akan saudara kita kebaikan yang sama dengan yang kita inginkan tanpa sepengetahuan orang tersebut.  Jika kita mendo’a saudara kita, tanpa sepengathuan kita, insya Allah kita akan mendapatkan apa yang kita do’akan.

Dari Abu Darda ra bahwasannya ia mendengar Rosululloh SAW bersabda: “Tiada seorang muslim yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan saudaranya, kecuali malaikat berkata:  Dan untuk kamu pula seperti itu”. (HR. Muslim)

#3 Miliki Ilmunya

Dan sesungguhnya keutamaan orang yang berilmu atas orang yang ahli ibadah seperti keutamaan (cahaya) bulan purnama atas seluruh cahaya bintang. (H.R. Ahmad, Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ibnu Majjah)

“Barangsiapa menginginkan sukses dunia hendaklah diraihnya dengan ilmu dan barangsiapa menghendaki sukses akherat hendaklah diraihnya dengan ilmu, barangsiapa ingin sukses dunia akherat hendaklah diraih dengan ilmu” ~Iman Syafi’i

#4 Berubahlah

Allah yang menentukan, namun perintah Allah juga agar kita mau mengubah diri sendiri. Maka, jika Anda ingin meraih apa yang Anda inginkan atau mengubah kondisi Anda, maka berubahlah!!

“Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai kaum itu sendiri yang mengubah nasib atau keadaan yang ada pada dirinya ” (QS Ar-Ra’d:11)

#5 Silaturahim

Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau dikenang bekasnya (perjuangan atau jasanya), maka hendaklah ia menghubungkan silaturahmi.” (HR Muslim)

Barang siapa yang senang dipanjangkan umurnya, diluaskan rezekinya, dan dijauhkan dari kematian yang buruk, maka hendaklah bertakwa kepada Allah dan menyambung silaturahmi.” (HR Imam Bazar, Imam Hakim)

#6 Berdo’a

Dan apabila hamba-hamba Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka jawablah bahwasanya Aku dekat.  Aku mengabulkan doa orang-orang yang memohon kepada-Ku. Maka bermohonlah kepada-Ku dan berimanlah kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran (Q.S Al-Baqarah :186).

Hadits dari Imam Turmudzi dan Hakim, diriwayatkan dari Abdullah bin Umar, bahwa Nabi SAW Bersabda : “Barangsiapa hatinya terbuka untuk berdo’a, maka pintu-pintu rahmat akan dibukakan untuknya. Tidak ada permohonan yang lebih disenangi oleh Allah daripada permohonan orang yang meminta keselamatan. Sesungguhnya do’a bermanfa’at bagi sesuatu yang sedang terjadi dan yang belum terjadi. Dan tidak ada yang bisa menolak taqdir kecuali do’a, maka berpeganglah wahai hamba Allah pada do’a”. (HR Turmudzi dan Hakim)

# 7 Tawakal

Dari Umar bin Khoththob radhiyallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Jika kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-sebenarnya tawakkal, niscaya Dia akan memberikan rezeki kepada kalian sebagaimana Dia memberikan rezeki kepada seekor burung yang pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali pada sore hari dalam keadaan kenyang.”
(Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi)

#8 Shadaqah

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. Al Baqarah: 261)

# 9 Syukur

Bersyukur kepada Allah SWT. atas apa yang kita dapatkan tidak hanya melafadzkan kata Alhamdulillah.. saja. Tidak semudah itu mengartikan kedalaman bersyukur dalam Islam.  Bahkan dalam ilmu Sufi yang banyak diajarkan oleh para ilmuwan Sufi terkemuka didalam Islam, seringkali dinyatakan bahwa syukur adalah salah satu ibadah yang tingkat kesulitannya amat tinggi dan sulit untuk diresapi dan diamalkan. Karena “Syukur” yang dimaksud dalam tingkatan Sufi adalah tidak hanya mengucap terimakasih atau Alhamdulillah kepada Allah atas segala nilmat yang kita terima. Syukur berarti segala bentuk nikmat  yang kita dapatkan dari segala sisi, baik itu Materi (harta benda dll) ataupun Non Materi (Kesehatan, keadaan, dll yg tak terlihat tpi bisa kita rasakan)  kita gunakan dan kita manfaatkan untuk dan hanya kepada Allah SWT semata. Dan sangat tidak mudah untuk menjalankan ini didunia nyata sekarang ini yang sudah menjurus ke Materialisme yang penuh dengan Berhala-berhala Dajjal yang banyak mengalihkan rasa syukur manusia kepada pencipta-Nya.

Jika kamu bersyukur pasti akan aku tambah (nikmat-Ku) untukmu dan jika kamu kufur maka sesungguhnya siksa-Ku amat pedih (QS Ibrahim: 7)

# 10 Bertaqwa

Taqwa dalam arti harfiahnya berarti TAKUT. Berarti Taqwa kepada Allah diartikan sebagai TAKUT kepada Allah.  Ini adalah pengertian paling dasar yang dapat membawa kita menuju jalan lurus serta petunjuk Allah yang difirmankan Nya melalui Al Quran. Dengan sikap dasar inilah akan timbul pengerucutan yang akan membawa umat pada kecintaan pada Allah SWT dan Nabinya Muhammad SAW pada tingkatan yang lebih tinggi.

Apabila umat muslim sudah dapat mencapai tingkatan Taqwa maka Allah memberikan segala apa yang dibutuhkan umatnya, mencukupkan segala hal yang diminta umatnya seperti yang terangkum dalam firman-Nya:

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (QS. Ath Thalaaq:2-3)

 

Demikianlah 10 tuntunan sukses yang diajarkan Allah SWT yang duturunkan melalui Rasulnya Muhammad SAW yang saat ini juga sedang terus dijalankan dan diamalkan oleh penulis .  Jika diteliti lagi, masih sangat banyak tuntunan dalam Al Quran dan hadits yang dapat yang menjadikan kita menjadi manusia sukses.

Tentu saja Sukses yang dimaksud Allah tidak saja sukses didunia tetapi juga sukses di Akherat nanti. Semoga saya dan teman-teman sekalian dapat menjalankan dan mengamalkan tuntunan ini secara sungguh-sungguh dan tetap istiqomah, sehingga kita bersama-sama dapat menjadi orang sukses sesuai dengan tuntuna Al Quran dan Hadist.

Insya Alloh…. Semoga Alloh mengabulkan doa kita semua… Amiiinnn…

 

Iklan

3 thoughts on “Inilah 10 Tuntunan Menuju Sukses dalam Islam

Komentarmu :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s