10 Kuliner Bali Yang Paling Sering Dicoba Para Bule!

Bali tidak hanya dikenal dunia dengan wisata dan keindahan alamnya saja. Kulner Bali juga mendapatkan perhatian istimewa dari para wisatawan asing. Mereka menyukai citarasa dan rempah-rempah kuliner Bali yang murah namun enak.

Meskipun di beberapa negara Asia Tenggara memiliki sajian kuliner yang sama, namun para wisatawan asing menganggap bahwa Kuliner Bali menawarkan citarasa unik dan istimewa sehingga tidak bisa ditiru oleh negara manapun juga di Asia. Itulah mengapa mereka selalu datang ke Bali dengan perasaan gembira karena akan mencicipi kuliner yang memberikan kekayaan rasa rempah-rempah khas Indonesia.

Sebagai orang Indonesia kalian harus bangga karena kuliner Bali ternyata disukai wisatawan asing. Ironisnya justru bangsa kita lebih banyak menyukai junk food. Berikut Travel Blog Reservasi berikan ulasannya tentang Kuliner yang paling banyak dicoba oleh wisatawan asing yang berlibur ke Bali.

1. Pisang Goreng

Pisang Goreng

Camilan ini terkadang disajikan sebagai makanan penutup. Ya, kuliner rakyat ini juga sangat disukai oleh wisatawan asing di Bali. Penyajiannya bisa polos saja atau diberikan beberapa variasi seperti madu, gula aren atau dengan taburan kelapa parut, bahkan terkadang bisa juga diberikan topping es krim vanila diatasnya. Rasanya sungguh menggambarkan citarasa Indonesia.

2. Mie Goreng

mie goreng enak

Salah satu kuliner yang hampir pasti ditemukan di pelosok Indonesia ini memang kuliner yang long lasting. Sajian Mie Goreng sangat sederhana namun punya citarasa yang luar biasa. Biasanya disajikan dengan potongan sayuran segar, suwiran ayam, udang atau daging. Untuk sajian Mie Goreng spesial biasanya diberikan telur mata sapi diatasnya. Sambalnya bisa menggunakan sambal kacang atau sambal merah.

3. Nasi Goreng

nasi goreng

Tidak berbeda dengan Mie Goreng, kuliner yang satu ini juga sangat digemari oleh Presidan Amerika Serikat, Barrack Obama. Tak heran saat Barrack Obama terpilih sebagai Presiden pun menjamur Nasi Goreng Obama di Jakarta. Nasi Goreng merupakan sajian yang pasti ada saat sarapan di Bali. Namun terkadang Nasi Goreng juga bisa disajikan pada saat makan siang atau makan malam. Mulai dari pedagang kaki lima hingga Hotel Bintang Lima menyajikan Nasi Goreng yang istimewa dengan citarasa khas rempah Indonesia.

4. Sate Lilit

Sate Lilit Bali Enak

Sate di Bali memang tidak sama dengan Sate Madura. Sate di Bali bisa menggunakan bahan daging ayam yang sudah digiling kemudian di lilitkan di tusuk sate kemudian di panggang hingga matang. Tidak hanya menggunakan bahan daging ayam saja, beberapa restoran juga menghidangkan sate lilit dengan bahan daging ikan. Biasanya sate di Bali disajikan dengan bumbu kacang yang menggugah selera.

5. Babi Guling

Babi Guling Enak

Kuliner Bali memang salah satunya dikenal dengan sajian Babi Guling. Babi yang masih utuh kemudian dibubuhi dengan berbagai jenis bumbu rempah khas Indonesia seperti ketumbar, daun serai, daun jeruk, daun salam, cabai, lada, bawang putih, bawang merah, jahe dan lengkuas. Setelah semua bumbu lengkap kemudian babi guling tinggal dipanggang hingga matang dengan cara diputar-putar agar matang merata.

6. Nasi Campur

Nasi Campur Bali Enak

Nasi Campur Bali sangat terkenal sebagai menu sarapan ataupun makan siang. Satu porsi Nasi Campur biasanya ditemani lauk pauk yang bermacam-macam seperti udang goreng, dendeng sapi, sate daging, ayam suwir, telur bumbu Bali, tumis sayur buncis dan berbagai lauk lainnya.

7. Bebek Betutu

Bebek Betutu Enak

Bebek asap di Bali memang dikenal super lezat. Kuliner unik nan nikmat ini sudah dicampur dengan berbagai rempah-rempah istimewa kemudian dibungkus dengan daun lalu diasapi hingga matang. Karena proses memasaknya yang memakan waktu cukup panjang beberapa rumah makan terkadang hanya menyajikan porsi secara terbatas. Namun jangan khawatir karena kini sudah banyak Restoran yang menyajikan kuliner Istimewa Bebek Betutu.

8. Nasi Tumpeng

Nasi Tumpeng Murah

Nasi Tumpeng umumnya disajikan untuk memperingati upacara adat. Sajian Nasi Tumpeng dengan menggunakan nasi kuning tentu tak kalah istimewa dengan Nasi Campur. Nasi kuning menggunakan pewarna alami dari rempah Indonesia seperti kunyit. Nasi Kuning disajikan dengan berbagai pilihan lauk pauk yang mengundang selera. Biasanya tersaji sambal goreng kentang, tempe kering, suwiran ayam, potongan daging kecil-kecil hingga urap. Sajian spesial ini biasanya disajikan ketika merayakan hari jadi atau ulang tahun.

9. Spring Rolls

Spring Rolls Enak

Wah semua umur pasti suka kuliner yang renyah dan garing ini. Ya Spring Roll biasanya disajikan sebagai makanan pembuka, makanan penutup atau sekedar untuk camilan teman ngopi dan ngeteh. Isinya biasanya sayuran yang sudah ditambah dengan daging cincang. Spring Rolls ini lebih enak jika disajikan dengan sambal kacang atau sambal manis yang istimewa.

10. Gado-Gado

Gado Gado Jakarta Enak

Gado-Gado meskipun merupakan sajikan khas Betawi namun juga dikenal sampai ke Bali. Sajian salad ini memang berbeda dari salad yang lainnya. Jika salad lain menggunakan bumbu mayonnaise, Gado-gado menggunakan bumbu kacang yang lezat. Sayuran yang -dipakai dalam bahan gado-gado biasanya seperti tauge, kacang panjang, irisan jagung, kentang rebus, rebusan daun bayam, dan potongan kecil timun. Untuk menambah selera diberikan juga potongan tahun dan tempe. Menambah sensasi renyak juga disajikan dengan emping melinjo yang kriuk rasanya.

Beberapa list kuliner yang telah disebutkan memang secara umum merepresentasikan kuliner Indonesia secara luas. Indonesia memang dikenal melalui gerbang Pariwisata Bali.

Mau berwisata ke Bali tanpa repot dengan Harga Terjangkau? Lihat paket Wisata hematnya bersama Nusantara7 Travel.. Info dan Reservasi :

NUSANTARA7 Travel

HP 0822 1800 8398
WA. 0818 678 398
BBM 57BAB23F
FB Page : Nusa7 travel

Iklan

Komentarmu :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s