Jangan Cuma Bicara Passion..BULSHIT!, Kamu Cuma Perlu Kerja Keras!

Hal yang sering didengar dalam motivasi menuju sukses adalah, “Kamu harus mengikuti passion, lakukan yang kamu suka”. Bahkan ada buku motivasi terkenal yang mengatakan bahwa passion bukanlah pekerjaan yang dilakukan saban hari. Emang bener ya sebegitu pentingnya pengaruh passion ini?

Di artikel ini kami akan menyampaikan kenapa kamu tidak harus selalu mengikuti passion kalau mau sukses. Dalam beberapa kasus, kamu hanya perlu bekerja keras dan mengesampingkan keinginanmu sampai sukses benar-benar di tangan.

 

Mike Rowe: “Follow Your Passion Adalah Saran Terburuk.”

mike-rowe-07-850x637

Mike Rowe, pembawa acara Dirty Jobs di Discovery Channel (acara yang menyiarkan tantangan-tantangan aneh yang bisa ditemui karyawan di lingkungan kerja) menyampaikan pernyataan di atas dalam sebuah sesi talk-show TEDx. Dalam acara yang dipandunya itu, Rowe bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang pekerjaan. Dia akhirnya menyimpulkan bahwa mengikuti passion tidak serta merta membuat seseorang bahagia.

Dalam talk-show TedX tersebut Rowe menceritakan bahwa orang-orang yang paling bahagia bukanlah mereka yang melakukan apa yang mereka sukai, melainkan mereka yang bisa memisahkan antara pekerjaan dan kepuasan kerja.

“Aku bertemu peternak babi yang bekerja di tengah kandang yang sangat bau. Tapi dia menghasilkan banyak uang, dan bahagia. Dia bisa bahagia bukan karena mengikuti passion-nya terhadap babi. Siapa sih yang cinta sama babi? Dia bahagia karena pekerjaannya memberinya cukup uang, memberinya otonomi yang besar dan merasa kalau dia berkontribusi terhadap masyarakat”

 

 

Karir yang Datang Dari Passion Itu Sangat Jarang Ditemui

Coba tuliskan hal-hal yang paling kamu sukai sedari kecil. Setelah kamu selesai menuliskannya, tanyakan pada dirimu sendiri:

  • Akankah orang membayarmu untuk melakukan itu?

  • Jika iya, berapa banyak uang yang akan kamu dapatkan?

  • Bisakah kamu menghasilkan banyak uang dari melakukan hal itu?

Orang kadang tidak bisa membedakan antara karir dan hobi. Hobi akan membuatmu bahagia. Tapi sangat sedikit hobi yang benar-benar bisa menghasilkan banyak uang untukmu. Mempunyai karir yang tidak sesuai passion atau hobi bukan berarti kamu tidak bisa mencintai hobimu lagi. Toh, kamu tetap bisa melakukan hobi di waktu luang.

Cal Newport, seorang profesor dari Georgetown University menulis sebuah buku yang berjudul So Good They Can’t Ignore You: Why Skills Trump Passion in The Search For Work You Love. Dalam buku tersebut Newport mengatakan bahwa orang tidak akan memperhatikan passionmu saat mereka ingin membeli produkmu atau menggajimu:

“Kalau kamu pebisnis, konsumen potensialmu tidak akan peduli pada passion-mu. Begitu pula jika kamu karyawan, passion-mu tidak akan berguna kalau kamu tidak punya kemampuan. Kunci dari keberhasilan adalah kamu harus bisa menemukan passion yang relevan”

Ternyata, Passion Butuh Waktu

Dee, penulis Indonesia yang selalu “mengurung diri” saat menulis viawww.dewilestari.com

Dee, penulis Indonesia yang selalu “mengurung diri” saat menulis via www.dewilestari.com

Masih menurut Newport, passion bukanlah sesuatu yang hadir begitu saja. Alih-alih dipandang sebagai panggilan hati, Newport mendefinisikan passion sebagai hasil dari proses panjang belajar dan kerja keras. Newport membagi pekerjaan ke 3 tingkatan:

  • Job: pekerjaan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan materi
  • Karir: pekerjaan yang membuatmu selalu ingin bekerja lebih baik
  • Passion/Panggilan Hati: pekerjaan yang jadi bagian hidup dan mendefinisikan identitasmu

Semua orang ingin pekerjaannya jadi passion atau panggilan hati. Dalam riset yang dilakukan Newport, ada temuan mengejutkan yang menunjukkan bahwa:

PASSION AKAN MUNCUL SEIRING LAMANYA SESEORANG BEKERJA DALAM SUATU BIDANG, DAN SEMAKIN BANYAK PENGALAMAN YANG DIA MILIKI DALAM BIDANG TERSEBUT.

 

Jadi kesimpulannya Passion saja TIDAK CUKUP Perlu kerja keras, Belajar Keras dan Konsistensi Yang Keras, serta Komitmen Yang Keras untuk membangun Kesuksesan!

Belajar dan Mengembangkan diri adalah sebuah keharusan… Itulah kenapa kami selalu belajar dan berinteraksi di sini http://on.fb.me/1U4KTCQ

Dan tahu gak apa yang bisa mempercepat Kesuksesan kita di era dunia Digital sekatang? Kita harus mengusai Social Media! Dan saya mendapatkan Dasat Ilmu Social Media Marketing dari sini http://bit.ly/228zx2p

Yuk kita sama-sama Maju dan Bekerja Keras..Passion Tanpa Kerja Keras Tidak Akan Menghasilkan Kesuksesan!!

Mohon share bila bermanfaat…. Salam Sehat dan Sukses Selalu..

Disunting dari tulisan : Nendra Rengganis

 

 

 

Iklan

Komentarmu :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s