7 INSPIRASI & KIAT BISNIS DARI SURAT AL MUDATSIR

Ini bukan merupakan tafsir surat Al Mudatsir, tapi inspirasi untuk pebisnis, terutama yang menggeluti marketing, yang ditinjau dari ayat-ayat surat Al Mudatsir dalam Al Quran.

 

يا ايها المدثر
Wahai orang yang berselimut.

Barangkali kita sedang terpuruk, takut untuk maju, pikiran terselimuti, takut gagal, bahkan memiliki mental block. Dengan ayat ini, kita sedang disapa Allah.

قم فأنذر
Bangun dan sampaikan peringatan.

1. Bangun (قم)

Bangkitlah, tinggalkan selimut. Ini artinya, untuk maju kita perlu membuka pikiran dan membongkar mental block.

2. Berikan Presentasi (فأنذر)

Kita pun perlu memberikan presentasi, menyampaikan promosi, dan memberikan edukasi kepada market tentang produk ( pohon ) kita.

Orang yang bangkit, berdiri, dan berani menyampaikan peringatan tentu karena mereka YAKIN dan TAHU apa yang akan disampaikan.

Oleh karena itu, kita perlu menguasai product knowledge, manfaat pohon , dan testimoni jujur dari konsumen yang sudah merasakan panen harian ,mingguan dan reward ..

و ربك فكبر
Dan Tuhanmu, agungkanlah

3. Besarkan Peran Allah

Sebut bahwa pohon itu ciptaan dan datang dari Allah. Produk kita hanyalah salah satu wasilah atau sarana dakam ikhtiar kita. Karena, Allah memang telah mewajibkan kita berikhtiar.

Sampaikan juga bahwa sukses yang kita peroleh dalam bisnis kita disebabkan oleh peran besar Allah.

allah-first

و ثيابك فطهّرْ
Dan pakaianmu, sucikanlah.

4. Ubah Penampilan

Orang akan tertarik dengan presentasi kita bila penampilan kita pantas. Pantas itu adalah rapi, santun, berkelas, dan tidak urakan. Pantas itu tidak perlu mahal, tapi rapi, bersih, dan terlihat pantas sebagai orang yang baik dan sukses.

وَالرُّجْزَ فَاهْجُرْ

Dan perbuatan dosa, tinggalkanlah.

5. Tinggalkan Kebiasaan Buruk

Ayat ini menganjurkan kita untuk hijrah (فاهجر) dari perilaku, sikap, cara, kebiasaan, dan lingkungan yang negatif ke perilaku, sikap, cara, kebiasaan, dan lingkungan yang positif.

Oleh karena itu, untuk maju, kita perlu mencari tempat yang positif guna menambah ilmu, membuka wawasan, serta menyajikan presentasi kita.

وَلَا تَمْنُنْ تَسْتَكْثِرُ

Dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak.

6. Jangan Langsung Berharap Hasil yang Besar

Tugas kita hanya presentasi dan promosi sehebat mungkin. Urusan closing itu sudah wilayah Allah. Allah-lah yang akan menggerakkan hati dan memampukan rezeki mereka untuk bisa membeli produk kita. Kalau Allah berkehendak untuk tidak closing, sampai kapan pun tidak akan terjadi transaksi. Jadi, tetap besarkan peran Allah. Tugas kita hanya melakukan presentasi, promosi, dan penawaran dengan berbagai ilmu marketing yang kita kuasai.

winner

وَلِرَبِّكَ فَاصْبِرْ

Dan untuk (memenuhi perintah) Tuhanmu, bersabarlah.

7. Perbesar Skala Kesabaran

Karena bisnis tidak ada yang instan, semua kesuksesan ada prosesnya. Kita perlu bersabar menghadapi penolakan, komplain, kritik, penundaan. Bahkan kita pun perlu bersabar dengan belajar berbagai strategi bisnis, menguasai online marketing, teknik prospekting, dan sebagainya. Yakinlah bahwa mereka yang sabar akan didampingi Tuhan. Mereka sedang meniti jalan yang benar menuju sukses dunia dan akhirat.

Share bila  menginspirasi dan bermanfaat…

10-juta-bisnis-online2

Iklan

Komentarmu :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s