Anatomy Copywriting Yang Menjual

Copywriting

Apa itu copywriting ?

Copywriting  adalah segala bentuk tulisan di media apapun yang bertujuan untuk mempromosikan produk anda.

Hal yang bisa di ambil dari Copywriting :

  • Orang akan menolak untuk membeli jika orang tersebut belum teredukasi, belum ada pendekatan, belum ada penjelasan, tentang apa sebenarnya yang anda jual.
  • Jika orang belum tahu fitur dan detail manfaat/benefit suatu produk dan fungsinya untuk mereka, maka mereka cenderung menebak-nebak harganya.
  • Semakin detail informasinya, maka semakin besar yang ditangkap oleh pembaca. Ketika value membesar, harga akan naik dan keberatannya pun turun, dan akhirnya terjadilah closing (penjualan).

Tidak ada harga yang mahal, yang ada hanya market yang belum teredukasi dengan benefit yang diberikan.

Anatomy copywriting

Bagian-bagian yang ada dalam teknik copywriting siak di video berikut:

Headline

Baca juga mengenai detil Headline : Jenis Headline yang Ampuh dalam Penjualan

Headline adalah iklannya iklan, jika headline tidak cukup mampu membuat tertarik, maka anda bisa kehilangan kesempatan mereka untuk membaca penawaran yang sudah anda buat dalam copywriting.

 

Penawaran

Uniknya orang-orang tidak membeli produk anda karena semata-mata mereka membutuhkannya.

Penawaranlah yang membuat mereka merespon apa yang anda jual. Anda harus tahu apa yangmenjadi masalah pembaca, apa yang diinginkan oleh mereka, dan anda memberitahu bahwa anda mempunyai solusi atas permaslahan tersebut

Sebuah promosi akan gagal jika penawarannya tidak cukup kuat

Yang harus anda cantumkan dalam penawaran :

  1. Pengantar

Anda harus menyajikan penawaran dalam bentuk cerita, ada intro yang menyambungkan headline ke penawaran tersebut. Tujuannya adalah untuk membangun kedekatan (rapport) dengan pembaca, anda bisa melakukannya dengan menyapa mereka, tanya kabar, say “hai”, memperkenalkan diri, latar belakang diri anda, dll.

  1. Deskripsi produk

Jelaskan apa persinsnya yang anda jual. Tunjukkan kepada pembaca bagaimana anda dapat membantu mereka memecahkan permasalahnnya, beritahu mereka apa nama prodk yang anda jual, jelaskan secara detail.

  1. Detail manfaat

Pastikan mereka paham denga apa yang anda tawarkan, beritahu mereka detail manfaat dari produk yang anda jual.jelaskan benefitnya bukan hany afiturnya. Ingat : orang itu membeli “tidur yang nyenyak” bukan spring bed, orang membeli “dapat menghilangkan ketombe” bukan shampoo

Alasan

Jelaskan mengapa orang harus membeli produk/jas anda.

Perbedaan jualan (selling dan bualan (telling) salah satunya terletak pada kemampuan anda menjelaskan poin “why’ ketimbang “what”.

Yang harus anda yakinkan pada pembaca iklan anda :

  • Kenapa produk anda lebih baik daripada produk competitor yang sejenis ?
  • Kenapa mereka harus percaya kepada anda ?
  • Kenapa mereka harus membeli produk anda?
  • Kenapa mereka harus beli sekarang, tidak besok, atau kapan-kapan?
  • Kenapa anda memberikan penawaran demikian, apa alasannya?
  • Kenapa mereka harus mengukiti saran anda?
  • Kenapa…?

“Jika anda ingin membuat pembaca yakin dengan penawaran anda, maka anda harus membuat alasan yang kuat kenapa mereka harus membli produk anda”

Frasa-frasa yang dapat anda gunakan dalam penulisan copywriting :

  • 7 alasan kenapa anda harus beli.
  • Mengapa produk ini wajib andamiliki?
  • Ini alasan kenapa anda harus bergabung menjadi…
  • Selain alasan ini, alasan apa lagi yang membuat anda tidak membeli produk ini?

Bonus

Adanya bonus akan semakin menguatkan orang untuk membeli produk anda.

Bonus adalah sesuatu yang anda berikan diluar produk utama yang anda tawarkan. Jika anda menjual produk utamanya saja tanpa memberikan bonus tertentu, maka anda tidak cukup kuat membuat mereka bergerak untuk membeli produk anda.

3 hal yang mesti anda perhatikan ;

  1. Ada nilainya

Jika andaingin meberikan bonus ebook,maka berikan penjelasan dari nilai ebook tersebut. Misal :”ebook gratis bagaimana mendonkrak produktivitas dalam 7 hari senilai Rp 325.000”. gunakan kata “senilai Rp…” dalam bonus yang anda berikan.

  1. Relevan

Sebaiknya anda memberikan bonus yang relevan dengan produk utama anda supaya value yang anda jual tidak melenceng, meskipun sebenarnya boleh meberikan bonus yang tidak relevan. Contoh : produk anda HP, maka berikan bonus power bank, produk anda jilbab, berikan bonus bros, dll

  1. Berkualitas

Bonus yang anda berika harus berkualitas, jangan pernahmebrikan bonus yang anda sendiri tidak menginginkannya jika and aberada di posisi pembeli.

01-post-bb-ig-fb-copywriting

 

Testimony

Semakin banyak testimoninya, maka copywriting anda semakin dipercaya.

Testimony akan membantu anda untuk tidak terlalu capek menjelaskan tentang produk knowledge, karena orang akan percaya dan bisa menyimpulkan sendiri bahwa produk andabenar-benar berkualitas.

Selain itu, adanya testimony secara tidak sadar akan meningkatkan koversi penjualan produk anda.

Ingat setiap orang butuh kepastian. Jika ada pelanggan lama yang meberikan kesaksian atau testimony tertentu, maka itu dapat meyakinkan mereka bahwa produk anda benar-benar bagus.

Dan sebenarnya bkan hanya testimony, melainkan apapun yang berhubungan dengan sesuatu yang dapat meningkatkan kredibilitas anda. Misal : endorsement, sertifikat ISO, BPOM, pengakuan, dll.

Cara mendapatkan testimony :

  • Mintalah kepada pelanggan yang sudaj mengunakan produk anda. Saat meminta testimony gunakan pertanyaan yang tepat, berilah pertanyaan yang mengaharuskan dia menjawab, seperti : bu, gimana perasaan ibu setelah menggunkana produk saya?, apa dampak positif yang mbak rasakan setelah memakin roduk saya?, dll.
  • Jangan menunjukkan semua testimony, tunjukkanlah hanya testimony yang memang terlihat dahsyat dan mampu memperihatkan betapa hebatnya produk bagi pelangan.
  • Tunjukkan testimony yang spesifik, karena semakin spesifik, orang akan merasa bahwa testimonial tersebut benar-benar terjadi. Misal : “berat badan saya turun 8 kg”, “omzat saya naik 3x lipat”, dll
  • Tunjukkan nama dan foto/screenshootnya. Orang kan lebih percaya jika mereka diperlihatkan nama dan foto aslinya, tidak hanya sekedar kata-katanya saja.
  • Tayangkan dalam bentuk video atau ceita, karena orang-orang lebih suka membaca cerita. Anda sekali-kali perlu membuat artikel khusus tentang kisah dan cerita tentang kesaksian mereka setelah menggunakan produk anda.
  • Minta izin terlebih dahulu kepada mereka yang namanya akan dicantumkan dalam setiap media promosi anda. Kalaupun tidak ada waktu untuk meminta izin karena saking banyaknya, maka gunakan prinsip :lebih baik minta maaf daripada minta izin”, hehe ^_^.
  • Ingat : pembacaiklan akan lebih mudah percaya kepada orang lain daripada kepada anda sebagai penjual.
Join mentoring online ini untuk mendapatkan 10 juta pertma ada melalui Bisnis Onlie

Join mentoring online ini untuk mendapatkan 10 juta pertma ada melalui Bisnis Onlie

Garansi

Adanya garansi akan menghancurkan keraguan orang untuk membeli. Garansi anda harus menyentuj rasa frustasi terbesar yang dialami oleh meraka.

Oleh karenanya anda harus benar-benar memahami perasaan mereka. Beritahu bahwa anda mengerti masalah mereka dan ingi membantu mereka, bangun rasa empati. Gunakan Bahasa yang mereka gunakan saat menuliskannya. Dengan begitu mereka akan sangat senang bertransaksi dengan anda.

Ketakutan terbesar yang dimiliki pembeli adalah rasa takut dibohongi dan terlihat bodoh.

Call to action

Tujuan CTA adalah bagaimana caranya agar mereka terdesak untuk melakukan action sekarang juga dengan memesan atau membeli produk yang anda tawarkan.

Jika CTA anda lemah, maka orang-orang hanya menikmati tulisan demi tulisan yang anda sajikan, tapi mereka tidak akan membelinya.

Tips menulis CTA :

  • Tulis lebih dari satu kali, ini akan memberikan efek hypnosis.
  • Satu perintah dalam satu penawaran
  • To the point, jangan berbelit, suruh mereka beli sekarang juga.

Contoh frasa CTA dalam penulisan :

    • Beli sekarang !
    • SMS sekarang!
    • Subscribe disini!
    • Invite pin BB xxxx!
    • Klik disini
    • Telpon sekarang juga
    • Dapatkan kalatalog GRATISkami. Hubungi …
    • Daripada hanya membacanya, kenapa tidak…
    • Buktikan sendiri!
    • Jadi, tunggu apa lagi? Klik disini
    • Anda harus mengambil keputusan penting SEKARANG!
    • Hanya ada satu kesimpulan. BELI SEKARANG!

N.B

N.B adalah singkatan dari nota bene. Banyak orang mengabaikan ini, bahkan ini adalah salah satu elemen penting kedua setelah headline.

Keberadaan NB akan memaksa pembaca untuk benar-benar action sekarang juga.

Dalam NB anda sebaiknya menyebutkan kenapa pembaca harus mengambil keputusan sekarang juga, tidak menundanya sampai besok atau kapan-kapan.

Untuk itu cantumkan 3 hal berikut :

  1. Social proof

Tunjukkan berapa banyak orang yang sudahmenggunakan produk anda,beritahu pembaca bahwa mereka sudah puas dengan produk yang anda jual.

  1. Scarcity

Berika keterbatasan dari segi jumlah orangyang berak membeli, jumlah stik produk tersisa, jumlah seat tersisa, dll

  1. Urgency

Takut-takuti pembaca. Beritahu mereka apa kerugian yang akan mereka rasakan jika tidak action sekarang juga. Kasih tehu mereka bahwa anda menginformasikan penawaran tersebut ke banyak orang, sedangkan kuota produk yang anda jual sangat terbatas.

 

bantravel2

 

Contoh frasa dalam penulisan :

  • Siapa cepat, dia dapat!
  • Lebih dari 1500 orangsudah merasajkan kedahsyatan dari produk ini. Kini giliran Anda.
  • Saya baru saja menginfokan ini ke lebih dari 50.000 orang. Kuota hanya 200 orang. Daftar sekarang!

Soo…sudah terjawab kan bagaimana cara membuat Copywriting yang menjual? Silakan dipraktekkan… Contoh Copywriting dalam sales Page nya bisa anda Lihat Disini!

Iklan

Komentarmu :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s