Jenis Headline yang ampuh dalam Penjualan

13 Jenis headline yang ampuh

“Jika orang –orang tidak membaca headline-nya, maka dipastikan mereka tidak akan membeli produk yang anda tawarkan”.

Sebuah survey membuktikan bahwa hanya 8 dari 10 orang yang  membaca judul dan hanya 2 orang saja yang meneruskan membaca isi selanjutnya.

Asumsikan bahwa pembaca iklan anda adalah orang yang egois, tidak peduli siapa anda, tidak peduli apa yang anda buat atau iklankan, dan tidak peduli apa keuntungan yang anda tawarkan.

Anatomy Copywriting Yang Menjual

Berikut jenis-jenis headline yang ampuh :

  1. BENEFIT HEADLINE

Anda menggambarkan keuntugan yang akan mereka dapatkan setelah mereka membeli produk anda, keuntungan bisa berbentuk ekonomis maupun psykologis.

Contoh :

  • Beli satu dapat 2
  • Paket ekonomis harga krisis
  • BONUS senilai Rp 5.700.000 khusus pembelian hari ini.

Jenis headline yang mengedapnkan keuntungan ekonomis akanbanyak menggunakan kata : gratis, diskon, bonus, paket, hemat, hadiah, dll

Jenis headline yang menggunkan keuntungan psykologis akan banyak memainkan emosi dan menyentuh apa sesunguhnya yang menjadi hot button si pembaca. Seperti : cara,langkah, teknik, jurus, strategi, dll.

  1. NEWS HEADLINE

Anda menginformasikan sesuatu kepada pembaca yang bersifat berita atau pengumuman.

Cocok untuk melaunching produk barudan memberitahukan produk.

Contoh;

  • Pertama dan terakhir ditahun 2017
  • Gebyar undian 1 milyar
  • Kami temukan cara terbaik untuk mengahous jerawat anda.
  • Buka tiap hari kecuali hari kiamat
  1. SELEKTIF HEADLINE

Intinya adalah : seakan-akan anda menargetkan iklan atau promosi anda untuk orang-orang tertentu

Jenis headline ini cocok untuk menyasar target market tertentu.

Contoh :

  • Khusus pengguna kartu telkomsel
  • Khusus member pulsatronik.net
  • Khusus untuk wanita
  • Untuk wanita yang ingin terlihat lebih muda dari usia sebenarnya
  • Buat anda yang masih jomblo
  • Perawatan istimewa bagi anda yang mempunyai masalah dengan kesuburan rambut indah anda.

03-post-bb-ig-fb-copywriting

  1. CURIOSITY HEADLINE

Intinya : sebisa mungkin anda membuat pembaca iklan atau promosi anda merasa penasaran dengan apa yang anda tawarkan. Bisanya membangkitkan keingintahuan dan bersifat teka-teki, harapannya mereka mau membaca penawaran anda selanjutnya.

Headline jenis ini cocok digunakan dalam subject email, tautan, atau link affiliate.

Contoh :

  • Satu teknik sederhana yang selalu dilakukan TOP selaesman dunia
  • Sebuah kesalahan senile 10.000 dollar!
  • Kesalahan kecil yang merugikan petni Rp 300.000.000 per tahun!
  • Satu perintah hypnosis yang paling manjur

Berikut jenis headline yang termasuk curiosity headline dalam bentuk pertanyaan :

  • Apa yang membuat wanita selalu terlihat cantik?
  • Apa rahasia di copywriting yang selalu dibaca banyak orang?
  • Bagaimana meningkatkan daya ingat dalam satu hari?
  1. GIMMIC HEADLINE

intinya : anda menggunakan permainan kata dan kalimat dalam judul. Bisa berupa pengulangan bunyi, uefek keterkejutan, atau tipuan.

  • Gimmic headline berupa perulangan bunyi cocok digunakan sebagi slogan dan sub judul iklan anda.
  • Gimmic headline berupa efek keterkejutan cocok digunakan di media promosi seperti status facebook, dan subject email
  • Gimmic headline berupa tipuan cocok dihunakan di media promosi seperti broadcast message untuk memancing pembaca mau buka broadcast anda.

Contoh gimic headline prulangan bunyi :

  • Jualan terus rezeki mulus
  • Banjir order dari reseller
  • Rezeki banter dari twitter
  • Update status dapat fulus
  • Sekali broadcast dapat cash
  • Modal gratis hasil fantastis

Contoh gimmic headline efek keterkejutan

  • Ah, Saya Menyesal!
  • Saya Kaget!
  • Memang Benar!
  • Benar-Benar Kecawa!

Contoh gimmic headline bentuk tipuan

  • Nomor rekening berapa?
  • Kamu lagi dimana?
  • Oh gitu?
  • Masa sih?
  1. Fear Headline

Intinya : seolah-olah menakut-nakuti pembaca, sehinga mereka benar-benar takut dan mengikuti apa yang anda tawarkan.

Headline jenis ini cook untuk produk yang berkaitan dengankeinginan pembaca untuk mendapatkan kepastian hidup di amsa depan, keamanan, dan kesehatan.

Contoh :

  • Awas Bangkrut!
  • Awas! Kuman Ada Dimana-Mana!
  • Jangan Sampai Kehabisan!
  • Jangan Sampai Anda Kehilangan Mas Depan Anak Anda!
  • Hati-Hati Bahaya Kolesterol!
  • Hati-Hati Kanker Serviks Bisamenyerang Anda
  1. QUESTION HEADLINE

Intinya : anda memberikan pertanyan kepada pembaca aar mereka jawab dalam hatinya

Anda harus menggunakan pertanyan terbuka yang membuat orang berkata ya atau tidak, saudah atau belum, tahu atau tidak tahu.

Inilah yang membedakan question headline dengan curiosity headline yang berupa pertanyaan.

Headline ini cocok digunakan untuk membangun brand, awareness, dan kedekatan dengan pembaca.

Contoh :

  • Sudahkah anda minum yakult hari ini?
  • Apakah anda sudah sedekah hari ini?
  • Apakah anda membuat kesalahan ini dalam berbisnis?
  • Sudah cek tokopedia belum?
  1. QUOTATION HEADLINE

Intinya : anda mencantumkan quote dari orng lain utnuk dijadikan sebuah headline. Anda bissa menggunakan ucapan seseorang, endorsement tokoh, testimony pelanggan, kutipan buku, ayat dalam kitab suci, hadist, dll.

Contoh :

  • Semua pengusaha wajib ikut seminar ini..
  • Produknya enak, saya suka…
  • Semakin banyak silatuturrahmi, semakin banyak rezeki
  1. COMMAND HEADLINE

Intinya : anda seolah-olah memerintahkan atau mengajak seseorang utnuk melakukan sesuatu.

Contoh ;

  • Ayo sedekah!
  • Ayo sekolah!
  • Beli, atau gigit jari!
  • Daftarkan diri anda sekarang juga!
  • Yuk buka bersama disini!
  • Berhentimelakukan kesalahan fatal dalam berbisnis
10-juta-bisnis-online2

Join mentoring online ini untuk mendapatkan 10 juta pertma ada melalui Bisnis Online

  1. CLAIM HEADLINE

Intinya : anda seolah-olah mengaku-ngaku, mengkalim, dan menyatakan sesuatu secara sepihak, merasa paling satu-satunya, nomor satu, dan ter-(terbaik, terluas, terfavorit, terbesar, tercepat, dll)

Contoh :

  1. Motivator termuda nomor 1 di Indonesia
  2. Susu formula paling enak
  3. Satu-satunya sekolah di Indonesia yang berbasis IT
  4. Buku terlaris di dunia
  5. Suplemen penurun berat badan tercepat

 

  1. YOU & I HEADLINE

Intinya : seakan-akan berbicara langsung dengan pembaca. Menggunkan kata s”saya” dan “Anda/Kamu”.

Cocok digunakan untuk personal yang memiliki authority yang tinggi.

Contoh :

  • Saya akan tunjukkan kepada anda bagaimana saya bisa menurunkanberat badan hingga 20 kg hanya dalam 1 bulan.
  • Saya bocorkan semua rahasia saya dapat meraup untung 185 juta rupiah kepada anda.
  • Saya ingin mengajak anda ikut webinar GRATIS,mau!
  1. TEASER HEADLINE

Intinya : anda seolah-olah menantang pembaca anda untuk membukktikan kemampuan mereka. Headline ini terkesan meremehkan atau meragukan kemempuan pembaca.

Contoh :

  • Anda Pasti Tak Sanggup Mencapainya
  • Uang Tak Akan Cukup Menggantikannya
  • Setan Pun Tidak Akan Bisa Menggodanya
  • Anda Tak Akan Berani Meminangnya
  • Buktikan Kemampuan Anda Disini
  • Buktikan Kecermatan Kamu Dan Menangkan Ratusan Voucher Belanja Setiap Hari Jumat

  1. MERK HEADLINE

Intinya : anda mencantumkanmerk tau logo perusahaan anda dalam headline

Headline ini cocok bagi anada yang  sudah memiliki merk terkenal. Naun jika anda baru pemula, jangan sekali-kali gunakan headline jenis ini, karena orang akan bertanya-tanya “kamu siapa?, emangnya kenapa?, terus gue harus bilang wow gitu?” dan sejenisnya.

Contoh :

  • Samsung
  • Toyota
  • Sony
  • Pulsatronik
  • Apple
  • Dll

1 PRODUK 13 HEADLINE

Diatas adalah 13 jenis headline, kreasikan dalam satu produk terdapat pilihan 13 jenis headline produk seperti diatas, anda bisa  membuat sendiri. Segera Praktekkan yaaa…

Share bila bermanfaat…

bantravel2

Iklan

One thought on “Jenis Headline yang ampuh dalam Penjualan

Komentarmu :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s