Cara agar video youtube bisa berada di halaman pertama

Bagi saya, Youtube selalu istimewa.

Jauh sebelum era youtube-youtube-youtube lebih dari tivi boom seperti saat ini; jauh sebelum PewDiePie, Youtuber Gaming no 1 di dunia memulai channel 50 juta subs fenomenal miliknya; jauh sebelum reza arap oktovian menjadi gamers ganteng idaman; jauh sebelum Young Lex berkolaborasi dengan Awkarin; saya telah menggunakan Youtube untuk aktivitas spamming yang super menyenangkan.

Dari catatan lama, setidaknya ada lebih dari 15.000 akun klonengan yang pernah saya manage untuk mendulang $$ dari Youtube selama bertahun-tahun lamanya.
Namun era tersebut telah lama punah. Youtube semakin ketat. Kompetitor semakin buas. Semua tak lagi seperti dahulu.
Beruntung selalu ada celah yang dapat ditemukan dari setiap hal bagi mereka yang gigih dan pantang menyerah. Hal inilah yang akan saya bagikan sekarang, yaitu tips sederhana tentang cara mencari keyword, membuat video dan menjadikannya pejwan di hasil pencarian Youtube.
youtubers-the-movie-2015-poster

The Youtube(r)

Secara harfiah, seluruh pengguna Youtube adalah Youtuber. Tapi jangan sampai tersesat dengan istilah ini. Belakangan, Youtuber merupakan “titel” yang cenderung diberikan hanya kepada video & movie creator, vlogger, reviewer dan brand serta website yang membuat video kreatif dan original.
Orang-orang yang hanya mampu membuat video berbentuk slides, comot sana comot sini, curi sana curi sini, campur sana campur sini, rasanya teramat jauh dari titel Youtuber.
Jika Anda merasa bisa dan mampu menjadi seorang Youtuber, maka itu adalah potensi bermasa depan cerah yang harus dikembangkan. Tetapi jika Anda tidak bisa melakukannya dan lebih berorientasi kepada view dibandingkan subscribers, maka lupakan istilah Youtuber dan fokuslah membuat video untuk mendapatkan view yang banyak.
So, jangan mau dibohongi pakai istilah Youtuber, yes ^_^

youtubers

The Method

Sebelum masuk pada langkah kerjanya, berikut beberapa ringkasan tentang metode yang akan saya berikan :
  • Berbasis pada keyword research dengan memanfaatkan celah algoritma yang ada di Youtube.
  • Dapat digunakan untuk semua niche dengan target negara Indonesia dan luar negri, termasuk USA.
  • Dapat digunakan untuk video berbasis trend maupun evergreen.
  • Video yang dibuat dapat berbentuk original real video, slides hingga comot-comot sesuai dengan kemampuan dan keinginan masing-masing.
  • Metode akan membantu video untuk bercokol di pejwan hasil pencarian Youtube dalam waktu yang sangat cepat.
  • Seluruh trik dalam catatan ini menggunakan tools yang 100% GRATIS.

 

Step 1 – Find the keywords!

Ide termudah selalu berasal dari permintaan atau trend kata-kata kunci atas produk atau jasa yang ingin kita promosikan.
Misalnya kita ingin mempromosikan sebuah produk anti ngorok di Youtube, maka sudah pasti kita harus membuat video yang berhubungan dengan itu. Sama halnya untuk niche weight loss, fashion, health, entertainment dan lain sebagainya.

keyword research tools
Maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset kata kunci yang akan menjadi tema video. Gunakan Google Keyword Planner secara gratis atau tools premium lainnya yang Anda miliki (jika punya).
Jika sudah ketemu, generate keyword menjadi lebih panjang menggunakan Ubersuggest atau Keywordrevealer (keduanya gratis).
Permainan terletak pada bagaimana menemukan long-tail keyword yang berhubungan dan dapat diassosiasikan dengan sebuah video.

Step 2 – Find the competition level!

Jika sudah menemukan daftar keyword yang diinginkan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan riset pada kata kunci tersebut.
Kita hanya ingin membuat video yang mudah untuk masuk pejwan dalam waktu super cepat tanpa optimasi apa pun.
Untuk melakukannya, gunakan tools research gratisan bernama Youtube Video Keyword Ranker.

Cara agar video youtube bisa berada di halaman pertama
Temukan “Super Easy” dari daftar keyword yang kita miliki. Pastikan hanya keyword-keyword yang berada di kategori inilah yang akan kita pilih untuk dijadikan sebagai judul video.

Step 3 – Make The Video!

Pada tahapan ini, Anda seharusnya sudah memiliki keyword yang dibutuhkan. So, buatlah videonya.
Jika Anda memiliki talent atau dana untuk membayar talent seperti menggunakan jasa yang ada di Fiverr (contoh talent lokal yg saya gunakan untuk FBMR, cek disini) atau membuat animated/explainer video dengan mudah menggunakan Levidio Storyboard, maka semua itu adalah pilihan yang sangat baik.
Namun jika belum mampu melakukannya, Anda tetap dapat membuat video slides menggunakan software sederhana semacam Windows Movie Maker, iMovie dan lain sebagainya.
Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan :
  • Buat file video dengan nama yang mengandung keyword, misalnya video-lucu.mp4. Gunakan – untuk menggantikan spasi.
  • Pastikan untuk tidak menggunakan audio atau gambar yang melanggar hak cipta supaya tidak bermasalah di masa depan.
  • Durasi video minimum adalah 90 detik. Lebih panjang lebih baik, tetapi jangan lebih dari 10 menit.
  • Secara alami, video yang “jelek”, spammy dan tidak disukai viewer yang ditandai dengan durasi menonton pendek dan dislike, akan muncul di pejwan tetapi lambat-laun akan turun ke posisi yang lebih rendah. Untuk mengatasi masalah ini, solusinya hanya 2 : buat video yg lebih baik atau buat video yang lebih banyak.
Trik penting lainnya adalah memberikan imbuhan atau akhiran pada keyword, jadikan itu sebagai judul video.
Imbuhan bisa berupa buying keyword untuk yang berhubungan dengan product, listnya ada disini : http://nichehacks.com/buyer-keyword…
Untuk kategori yang lebih umum, gunakan :
OMG, WTF, WOW, OH, WHAT, LOOK, LOL, AMAZING, GOOD, tanda !, tanda ?, dan lain sebagainya. Jika video menarget negara non-english seperti Indonesia, silahkan sesuaikan dengan bahasa lokal.

Step 4 – Upload and voila…..

Langkah terakhir adalah melakukan upload video yang sudah dibuat ke channel Youtube yang Anda miliki.
Pada proses ini, pastikan Anda memasukkan keyword di Judul, Description (lebih baik apabila juga ditambahkan text dengan panjang 200-300 kata) dan tags.
Sebagai catatan, akun Youtube berumur akan memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan yang baru dibuat kemarin sore.
Jika sudah, biarkan selama beberapa waktu sebelum mencari keyword video tersebut di Youtube dan voila, video Anda seharusnya sudah bercokol di list teratas Google!

Penutup

Dari awal saya memang sengaja untuk tidak memberikan contoh keyword apa pun pada catatan ini supaya Anda penasaran dan segera mencobanya.
Sesungguhnya ada banyak sekali twist dan skenario yang dapat dikembangkan dari metode ini dengan potensi tanpa batas. Namun sekali lagi, semua itu hanya dapat diperoleh dengan melakukan action dan mempraktekkannya.
Dan itulah tugas Anda sekarang.
Share hanya bila anda rasa bermanfaat…
ditulis oleh : RIANTO ASTONO
Iklan

Komentarmu :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s